Sering kita mendengar tentang nama  seorang sufi besar dan ulama besar bernama Syekh Abdul Qodir Jaelani,  atau ada yang menyebut Jiilani. Siapakah sebenarnya beliau? Apa yang  menjadi pandangan beliau yang jelas tentu tetap berpegang pada junjungan  kita Nabi Besar Sayyidina Muhammad SAW…berikut informasi dikumpulkan  dari berbagai macam sumber…
Syeikh Abdul Qodir Jaelani (bernama  lengkap Muhy al-Din Abu Muhammad Abdul Qodir ibn Abi Shalih Zango Dost  al-Jaelani) lahir di Jailan atau Kailan tahun 470 H/1077 M, sehingga  diakhir nama beliau ditambahkan kata Al Jailani atau Al Kailani atau  juga Al Jiliydan.(Biaografi beliau dimuat dalam Kitab Adz Dzail ‘Ala  Thabaqil Hanabilah I/301-390, nomor 134, karya Imam Ibnu Rajab Al  Hambali). Beliau wafat pada hari Sabtu malam, setelah maghrib, pada  tanggal 9 Rabi’ul Akhir di daerah Babul Azajwafat di Baghdad pada 561  H/1166 M.
Dalam usia 8 tahun ia sudah meninggalkan  Jilan menuju Baghdad pada tahun 488 H/1095 M. Karena tidak diterima  belajar di Madrasah Nizhamiyah Baghdad, yang waktu itu dipimpin Ahmad  al-Ghazali, yang menggantikan saudaranya Abu Hamid al-Ghazali.
Masa Muda
Beliau meninggalkan tanah kelahiran, dan  merantau ke Baghdad pada saat beliau masih muda. Di Baghdad belajar  kepada beberapa orang ulama’ seperti Ibnu Aqil, Abul Khatthat, Abul  Husein Al Farra’ dan juga Abu Sa’ad Al Muharrimi. Beliau belajar  sehingga mampu menguasai ilmu-ilmu ushul dan juga perbedaan-perbedaan  pendapat para ulama’. Suatu ketika Abu Sa’ad Al Mukharrimi membangun  sekolah kecil-kecilan di daerah yang bernama Babul Azaj. Pengelolaan  sekolah ini diserahkan sepenuhnya kepada Syeikh Abdul Qadir Al Jailani.  Beliau mengelola sekolah ini dengan sungguh-sungguh. Bermukim disana  sambil memberikan nasehat kepada orang-orang yang ada tersebut. Banyak  sudah orang yang bertaubat setelah mendengar nasehat beliau. Banyak  orang yang bersimpati kepada beliau, lalu datang ke sekolah beliau,  sehingga sekolah itu tidak muat menampungnya.
Murid-murid beliau banyak yang menjadi  ulama’ terkenal. Seperti Al Hafidz Abdul Ghani yang menyusun kitab  Umdatul Ahkam Fi Kalami Khairil Anam. Juga Syeikh Qudamah penyusun kitab  fiqh terkenal Al Mughni.
Perkataan ulama tentang beliau : Syeikh  Ibnu Qudamah rahimahullah ketika ditanya tentang Syeikh Abdul Qadir,  beliau menjawab, ” kami sempat berjumpa dengan beliau di akhir masa  kehidupannya. Beliau menempatkan kami di sekolahnya. Beliau sangat  perhatian terhadap kami. Kadang beliau mengutus putra beliau yang  bernama Yahya untuk menyalakan lampu buat kami. Beliau senantiasa  menjadi imam dalam shalat fardhu.”
Syeikh Ibnu Qudamah sempat tinggal  bersama beliau selama satu bulan sembilan hari. Kesempatan ini digunakan  untuk belajar kepada Syeikh Abdul Qadir Al Jailani sampai beliau  meninggal dunia. (Siyar A’lamin NubalaXX/442). Beliau adalah seorang  ‘alim. Beraqidah Ahlu Sunnah, mengikuti jalan Salafush Shalih. Dikenal  banyak memiliki karamah-karamah. Tetapi banyak (pula) orang yang  membuat-buat kedustaan atas nama beliau. Kedustaan itu baik berupa  kisah-kisah, perkataan-perkataan, ajaran-ajaran, “thariqah” yang berbeda  dengan jalan Rasulullah, para sahabatnya, dan lainnya. Diantaranya  dapat diketahui dari perkataan Imam Ibnu Rajab, ”
Syeikh Abdul Qadir Al Jailani adalah  seorang yang diagungkan pada masanya. Diagungkan oleh banyak para  syeikh, baik ‘ulama dan para ahli zuhud. Beliau banyak memiliki  keutamaan dan karamah. Tetapi ada seorang yang bernama Al Muqri’ Abul  Hasan Asy Syathnufi Al Mishri (Nama lengkapnya adalah Ali Ibnu Yusuf bin  Jarir Al Lakh-mi Asy Syath-Nufi. Lahir di Kairo tahun 640 H, meninggal  tahun 713 H. Dia dituduh berdusta dan tidak bertemu dengan Syeikh Abdul  Qadir Al Jailani) mengumpulkan kisah-kisah dan keutamaan-keutamaan  Syeikh Abdul Qadir Al Jailani dalam tiga jilid kitab. Dia telah menulis  perkara-perkara yang aneh dan besar (kebohongannya ). Cukuplah seorang  itu berdusta, jika dia menceritakan yang dia dengar. Aku telah melihat  sebagian kitab ini, tetapi hatiku tidak tentram untuk berpegang  dengannya, sehingga aku tidak meriwayatkan apa yang ada di dalamnya.  Kecuali kisah-kisah yang telah masyhur dan terkenal dari selain kitab  ini. Karena kitab ini banyak berisi riwayat dari orang-orang yang tidak  dikenal. Juga terdapat perkara-perkara yang jauh ( dari agama dan akal  ), kesesatan-kesesatan, dakwaan-dakwaan dan perkataan yang batil tidak  berbatas. (Seperti kisah Syeikh Abdul Qadir menghidupkan ayam yang telah  mati, dan sebagainya.) semua itu tidak pantas dinisbatkan kepada Syeikh  Abdul Qadir Al Jailani rahimahullah. Kemudian aku dapatkan bahwa Al  Kamal Ja’far Al Adfwi (Nama lengkapnya ialah Ja’far bin Tsa’lab bin  Ja’far bin Ali bin Muthahhar bin Naufal Al Adfawi. Seoarang ‘ulama  bermadzhab Syafi’i. Dilahirkan pada pertengahan bulan Sya’ban tahun 685  H. Wafat tahun 748 H di Kairo. Biografi beliau dimuat oleh Al Hafidz di  dalam kitab Ad Durarul Kaminah, biografi nomor 1452.) telah menyebutkan,  bahwa Asy Syath-nufi sendiri tertuduh berdusta atas kisah-kisah yang  diriwayatkannya dalam kitab ini.”(Dinukil dari kitab At Tashawwuf Fii  Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 509, karya Syeikh Abdul Qadir bin  Habibullah As Sindi, Penerbit Darul Manar, Cet. II, 8 Dzulqa’dah 1415 H /  8 April 1995 M.). Imam Ibnu Rajab juga berkata, ” Syeikh Abdul Qadir Al  Jailani rahimahullah memiliki pemahaman yang bagus dalam masalah  tauhid, sifat-sifat Allah, takdir, dan ilmu-ilmu ma’rifat yang sesuai  dengan sunnah. Beliau memiliki kitab Al Ghunyah Li Thalibi Thariqil Haq,  kitab yang terkenal. Beliau juga mempunyai kitab Futuhul Ghaib.  Murid-muridnya mengumpulkan perkara-perkara yang berkaitan dengan  nasehat dari majelis-majelis beliau. Dalam masalah-masalah sifat, takdir  dan lainnya, ia berpegang dengan sunnah. Beliau membantah dengan keras  terhadap orang-orang yang menyelisihi sunnah.”
Syeikh Abdul Qadir Al Jailani menyatakan  dalam kitabnya, Al Ghunyah, ” Dia (Allah ) di arah atas, berada diatas  ‘arsyNya, meliputi seluruh kerajaanNya. IlmuNya meliputi segala  sesuatu.” Kemudian beliau menyebutkan ayat-ayat dan hadist-hadist, lalu  berkata ” Sepantasnya menetapkan sifat istiwa’ ( Allah berada diatas  ‘arsyNya ) tanpa takwil ( menyimpangkan kepada makna lain ). Dan hal itu  merupakan istiwa’ dzat Allah diatas arsy.” (At Tashawwuf Fii Mizanil  Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 515). Ali bin Idris pernah bertanya kepada  Syeikh Abdul Qadir Al Jailani, ” Wahai tuanku, apakah Allah memiliki  wali (kekasih ) yang tidak berada di atas aqidah ( Imam ) Ahmad bin  Hambal?” Maka beliau menjawab, ” Tidak pernah ada dan tidak akan ada.”(  At Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 516).
Perkataan Syeikh Abdul Qadir Al Jailani  tersebut juga dinukilkan oleh Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam kitab  Al Istiqamah I/86. Semua itu menunjukkan kelurusan aqidahnya dan  penghormatan beliau terhadap manhaj Salaf.
Sam’ani berkata, ” Syeikh Abdul Qadir Al  Jailani adalah penduduk kota Jailan. Beliau seorang Imam bermadzhab  Hambali. Menjadi guru besar madzhab ini pada masa hidup beliau.” Imam  Adz Dzahabi menyebutkan biografi Syeikh Abdul Qadir Al Jailani dalam  Siyar A’lamin Nubala, dan menukilkan perkataan Syeikh sebagai  berikut,”Lebih dari lima ratus orang masuk Islam lewat tanganku, dan  lebih dari seratus ribu orang telah bertaubat.”
Imam Adz Dzahabi menukilkan  perkataan-perkataan dan perbuatan-perbuatan Syeikh Abdul Qadir yang  aneh-aneh sehingga memberikan kesan seakan-akan beliau mengetahui  hal-hal yang ghaib. Kemudian mengakhiri perkataan, ”Intinya Syeikh Abdul  Qadir memiliki kedudukan yang agung. Tetapi terdapat kritikan-kritikan  terhadap sebagian perkataannya dan Allah menjanjikan (ampunan atas  kesalahan-kesalahan orang beriman ). Namun sebagian perkataannya  merupakan kedustaan atas nama beliau.”( Siyar XX/451 ). Imam Adz Dzahabi  juga berkata, ” Tidak ada seorangpun para kibar masyasyeikh yang  riwayat hidup dan karamahnya lebih banyak kisah hikayat, selain Syeikh  Abdul Qadir Al Jailani, dan banyak diantara riwayat-riwayat itu yang  tidak benar bahkan ada yang mustahil terjadi“.
Syeikh Rabi’ bin Hadi Al Madkhali berkata  dalam kitabnya, Al Haddul Fashil,hal.136, ” Aku telah mendapatkan  aqidah beliau ( Syeikh Abdul Qadir Al Jailani ) didalam kitabnya yang  bernama Al Ghunyah. (Lihat kitab Al-Ghunyah I/83-94) Maka aku mengetahui  bahwa dia sebagai seorang Salafi. Beliau menetapkan nama-nama dan  sifat-sifat Allah dan aqidah-aqidah lainnya di atas manhaj Salaf. Beliau  juga membantah kelompok-kelompok Syi’ah, Rafidhah,Jahmiyyah,  Jabariyyah, Salimiyah, dan kelompok lainnya dengan manhaj Salaf.” (At  Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 509, karya Syeikh Abdul  Qadir bin Habibullah As Sindi, Penerbit Darul Manar, Cet. II, 8  Dzulqa’dah 1415 H / 8 April 1995 M.)
Inilah tentang beliau secara ringkas.  Seorang ‘alim Salafi, Sunni, tetapi banyak orang yang menyanjung dan  membuat kedustaan atas nama beliau. Sedangkan beliau berlepas diri dari  semua kebohongan itu. Wallahu a’lam bishshawwab.
Kesimpulannya beliau adalah seorang  ‘ulama besar. Apabila sekarang ini banyak kaum muslimin  menyanjung-nyanjungnya dan mencintainya, maka itu adalah suatu  kewajaran. Bahkan suatu keharusan. Akan tetapi kalau meninggi-ninggikan  derajat beliau di atas Rasulullah shollallahu’alaihi wasalam, maka hal  ini merupakan kekeliruan yang fatal. Karena Rasulullah shollallahu  ‘alaihi wasalam adalah rasul yang paling mulia diantara para nabi dan  rasul. Derajatnya tidak akan terkalahkan disisi Allah oleh manusia  manapun. Adapun sebagian kaum muslimin yang menjadikan Syeikh Abdul  Qadir Al Jailani sebagai wasilah ( perantara ) dalam do’a mereka,  berkeyakinan bahwa do’a seseorang tidak akan dikabulkan oleh Allah,  kecuali dengan perantaranya. I
Jadi sudah menjadi keharusan bagi setiap  muslim untuk memperlakukan para ‘ulama dengan sebaik mungkin, namun  tetap dalam batas-batas yang telah ditetapkan syari’ah.
Pada tahun 521 H/1127 M, dia mengajar dan  berfatwa dalam semua madzhab pada masyarakat sampai dikenal masyarakat  luas. Selama 25 tahun Abdul Qadir Jaelani menghabiskan waktunya sebagai  pengembara sufi di Padang Pasir Iraq dan akhirnya dikenal oleh dunia  sebagai tokoh sufi besar dunia Islam. Selain itu dia memimpin madrasah  dan ribath di Baghdad yang didirikan sejak 521 H sampai wafatnya di  tahun 561 H. Madrasah itu tetap bertahan dengan dipimpin anaknya Abdul  Wahab (552-593 H/1151-1196 M), diteruskan anaknya Abdul Salam (611  H/1214 M). Juga dipimpin anak kedua Abdul Qadir Jaelani, Abdul Razaq  (528-603 H/1134-1206 M), sampai hancurnya Baghdad pada tahun 656 H/1258  M.
Syeikh Abdul Qadir Jaelani juga dikenal  sebagai pendiri sekaligus penyebar salah satu tarekat terbesar didunia  bernama Tarekat Qodiriyah.
Awal Kemasyhuran Al-Jaba’I berkata bahwa  Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani juga berkata kepadanya, “tidur dan  bangunku sudah diatur. Pada suatu saat, dalam dadaku timbul keinginan  yang kuat untuk berbicara. Begitu kuatnya sampai aku merasa tercekik  jika tidak berbicara. Dan ketika berbicara, aku tidak dapat  menghentikannya. Pada saat itu ada dua atau tiga orang yang mendengarkan  perkataanku. Kemudian mereka mengabarkan apa yang aku ucapkan kepada  orang-orang, dan merekapun berduyun-duyun mendatangiku di masjid Bab  Al-Halbah. Karena tidak memungkinkan lagi, aku dipindahkan ke tengah  kota dan dikelilingi dengan lampu. Orang-orang tetap datang di malam  hari dan memakai lilin dan obor dan memenuhi tempat tersebut. Kemudian  aku dibawa keluar kota dan ditempatkan di sebuah mushalla. Namun  orang-orang tetap datang kepadaku, dengan mengendarai kuda, unta bahkan  keledai dan menempati tempat disekelilingku. Saat itu hadir sekitar 70  orang para wali RadhiAllahu anhum.
Kemudian Syaikh Abdul Qadir melanjutkan,  “Aku melihat Rasululloh SAW sebelum dzuhur, beliau berkata kepadaku,  ’anakku, mengapa engkau tidak berbicara ?’. ’Ayahku, bagaimana aku yang  non arab ini berbicara di depan orang-orang fasih dari Baghdad?’. Beliau  berkata, ’buka mulutmu’, lalu beliau meniup 7 kali ke dalam mulutku  kemudian berkata, ”bicaralah dan ajak mereka ke jalan Allah dengan  hikmah dan peringatan yang baik”. Setelah itu aku shalat dzuhur dan  duduk dan mendapati jumlah yang sangat luar biasa banyaknya sehingga  membuatku gemetar. Kemudian aku melihat Ali r.a. datang dan berkata,  ’buka mulutmu’. Beliau lalau meniup 6 kali kedalam mulutku dan ketika  aku bertanya kepadanya mengapa beliau tidak meniup 7 kali seperti yang  dilakukan Rasululloh SAW, beliau menjawab bahwa beliau melakukan itu  karena rasa hormat beliau kepada RasuluLloh SAW. Kemudian akku berkata,  ’Pikiran, sang penyelam, mencari mutiara ma’rifah dengan menyelami laut  hati, mencampakkannya ke pantai dada , dilelang oleh lidah sang calo,  kemudian dibeli dengan permata ketaatan dalam rumah yang diizinkan Allah  untuk diangkat’”. Beliau kemudian menyitir :
Idan untuk wanita seperti Laila seorang pria dapat membunuh dirinya, dan menjadikan maut dan siksaan sebagai sesuatu yang manis
Dalam beberapa manuskrip saya mendapatkan  Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani berkata, ”Sebuah suara berkata kepadaku  saat aku berada di pengasingan diri, ‘kembali ke Baghdad dan ceramahilah  orang-orang’. Akupun masuk Baghdad dan menemukan para penduduknya dalam  kondisi yang tidak aku sukai dan karena itulah aku tidak jadi mengikuti  mereka’. ‘sesungguhnya’ kata suara tersebut ,’mereka akan mendapatkan  manfaat dari keberadaan dirimu’.
‘Apa hubungan mereka dengan keselamatan agamaku / keyakinanku’ tanyaku.
‘Kembali (ke Baghdad) dan engkau akan mendapatkan keselamatan agamamu’ jawab suara itu.
Akupun menbuat 70 perjanjian dengan  Allah. Diantaranya adalah tidak ada seorangpun yang menentangku dan  tidak ada seorang muridku yang meninggal kecuali dalam keadaan  bertaubat. Setelah itu, aku kembali ke Baghdad dan mulai berceramah.  Suatu ketika saat aku berceramah , aku melihat sebuah cahaya terang  benderang mendatangi aku. ‘Apa ini dan ada apa?’tanyaku. ‘Rasululloh SAW  akan datang menemuimu untuk memberikan selamat’ jawab sebuah suara.  Sinar tersebut makin membesar dan aku mulai masuk dalam kondisi  spiritual yang membuatku setengah sadar. Lalu aku melihat RasuLulloh SAW  di depan mimbar, mengambang di udara dan memanggilku, ’wahai Abdul  Qadir’. Begitu gembiranya aku dengan kedatangan RasuluLloh SAW , aku  melangkah naik ke udara menghampirinya. Beliau meniup ke dalam mulutku 7  kali. Kemudian Ali datang dan meniup ke dalam mulutku 3 kali. ’mengapa  engkau tidak melakukan seperti yang dilakukan RasuluLloh SAW?’ tanyaku  kepadanya. ‘sebagai rasa hormatku kepada Rasulullah SAW‘ jawab beliau.
RasuluLlah SAW kemudian memakaikan jubah  kehormatan kepadaku. ‘apa ini ?’ tanyaku. ‘ini’ jawab Rasulullah,  ’adalah jubah kewalianmu dan dikhususkan kepada orang-orang yang  mendapat derajad Qutb dalam jenjang kewalian’. Setelah itu , akupun  tercerahkan dan mulai berceramah.
Saat Khidir as. Datang hendak mengujiku  dengan ujian yang diberikan kepada para wali sebelumku, Allah membukakan  rahasianya dan apa yang akan di katakannya kepadaku. Aku berkata  kepadanya, ”Wahai Khidir, apabila engkau berkata kepadaku ’Engkau tidak  akan sabar kepadaku’, maka aku akan berkata kepadamu ‘Engkau tidak akan  sabar kepadaku’. Wahai Khidir, Engkau termasuk golongan Israel sedangkan  aku termasuk golongan Muhammad, maka inilah aku dan engkau. Aku dan  engkau seperti sebuah bola dan lapangan, yang ini Muhammad dan yang ini  Ar-Rahman, ini kuda berpelana, busur terentang dan pedang terhunus.”  Al-Khattab pelayan Syaikh Abdul QAdir meriwayatkan bahwa suatu hari  ketika beliau sedang berceramah tiba-tiba beliau berjalan naik ke udara  dan berkata, “Hai orang Israel, dengarkan apa yang dikatakan oleh kaum  Muhammad” lalu kembali ke tempatnya. Saat ditanya mengenai hal tersebut  beliau menjawab, ”Tadi Abu Abbas Al-Khidir as lewat, maka akupun  berbicara kepadanya seperti yang kalian dengar tadi dan ia berhenti”.
Guru dan teladan kita Syaikh Abdul Qadir  Al-Jilli berkata,” seorang Syaikh tidak dapat dikatakan mencapai puncak  spiritual kecuali apabila karakter berikut ini telah mendarah daging  dalam dirinya yaitu :
Dua karakter dari Allah yaitu dia menjadi seorang yang Sattar (menutup aib) dan Ghaffar (Maha pemaaf).
Dua karakter dari RasuluLlah SAW yaitu penyayang dan lembut
Dua karakter dari Abu Bakar yaitu jujur dan dapat dipercaya.
Dua karakter dari Umar yaitu amar ma’ruf nahi munkar
Dua karakter dari Utsman yaitu dermawan dan bangun (tahajjud) pada waktu orang lain sedang tidur.
Dua karakter dari Ali yaitu aalim (cerdas/intelek) dan pemberani.
Masih berkenaan dengan pembicaraan di atas dalam bait syair yang dinisbatkan kepada beliau dikatakan :
Bila lima perkara tidak terdapat dalam diri seorang syaikh maka ia adalah Dajjal yang mengajak kepada kesesatan.
Dia harus sangat mengetahui hukum-hukum  syariat dzahir, mencari ilmu hakikah dari sumbernya, hormat dan ramah  kepada tamu, lemah lembut kepada si miskin, mengawasi para muridnya  sedang ia selalu merasa diawasi oleh Allah
Syaikh Abdul Qadir juga menyatakan bahwa  Syaikh Al-Junaid mengajarkan standar Al-Qur’an dan Sunnah kepada kita  untuk menilai seorang Syaikh. Apabila ia tidak hapal Al-Qur’an, tidak  menulis dan menghapal Hadits, maka dia tidak pantas untuk diikuti.
Menurut saya (penulis buku) yang harus  dimiliki seorang Syaikh ketika mendidik seseorang adalah dia menerima si  murid untuk Allah, bukan untuk dirinya atau alasan lainnya. selalu  menasihati muridnya, mengawasi muridnya dengan pandangan kasih. Lemah  lembut kepada muridnya saat sang murid tidak mampu menyelesaikan  Riyadhah. Dia juga harus mendidik si murid bagaikan anak sendiri dan  orang tua penuh dengan kasih dan kelemah lembutan dalam mendidik  anakknya. Oleh karena itu dia selalu memberikan yang paling mudah kepada  si murid dan tidak membebaninya dengan sesuatu yang tidak mampu  dilakukannya. Dan setelah sang muuriid bersumpah untuk bertobat dan  selalu taat kepada Allah baru sang syaikh memberikan yang lebih berat  kepadanya. Sesungguhnya bai’at bersumber dari hadits RasuluLlah SAW  ketika beliau mengambil bai’at para sahabatnya.
Kemudian dia harus mentalqin si murid  dengan zikir lengkap dengan silsilahnya. Sesungguhnya Ali ra. Bertanya  kepada RasuluLloh SAW, ‘Yaa Rasulullah, jalan manakah yang terdekat  untuk sampai kepada Allah, paling mudah bagi hambanya dan paling afdhal  di sisi Nya. RasuluLlah berkata,’Ali, hendaknya jangan putus berzikir  (mengingat) kepada Allah dalam khalwat (kontemplasinya)’. Kemudian Ali  ra. Kembali berkata , ‘Hanya demikiankah fadhilah zikir, sedangkan semua  orang berzikir’. RasuluLlah berkata,’Tidak hanya itu wahai Ali, kiamat  tidak akan terjadi di muka bumi ini selama masih ada orang yang  mengucapkan “Allah” “Allah”. ‘Bagai mana aku berzikir?’. Tanya Ali.  RasuluLlah bersabda, ’dengarkan apa yang aku ucapkan. Aku akan  mengucapkannya sebanyak tiga kali dan aku akan mendengarkan engkau  mengulanginya sebanyak tiga kali pula’. Lalu RasuluLlah berkata, “Laa  ilaaha illallah” sebanyak tiga kali dengan mata terpejam dan suara  kjeras. Ucapan tersebut di ulang oleh Ali dengan cara yang sama  RasuluLlah lakukan. Inilah asal talqin kalimat Laa ilaaha Illallah.  Semoga Allah memberikan taufiknya kepada kita dengan kalimat tersebut”.
Syaikh Abdul Qadir berkata, ”Kalimat  tauhid akan sulit hadir pasda seorang individu yang belum di talqin  dengan zikir bersilsilah kepada RasulluLlah oleh Mursyidnya saat  menghadapi sakaratil maut”.
Karena itulah Syaikh Abdul Qadir selalu  mengulang-ulang syair yang berbunyi : Wahai yang enak diulang dan  diucapkan (kalimat tauhid) jangan engkau lupakan aku saat perpisahan  (maut).

